Materi Pedagogik PLPG 2017

Ulas-TKJ - Pedadogik merupakan kajian pendidikan, secaar etimologis pedagogik berasal dari kata Yunani Yaitu "Paedos" yang berarti anak laki-laki dan "agogos" yang berarti mengantar, membimbing. secara bahasa pedagogik dapat diartikan pembantu laki-laki yang pekerjaannya mengantarkan anak majikannya ke sekolah. kemudian secara kiasan pedagogik adalaha ali yang membimbing anak ke arah tujuan hidup tertentu (pendidik).

Wikipedia Indonesia mengatakan bahwa pedagogi merupakan ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pengajaran.  secara umum pedagogi dapat diartikan sebagai ilmu yang digunakan untuk bagaimana membimbing anak, bagaimana seorang guru berhadapan dengan anak, sampai pada tujuan akhir dari mendidik anak


Adalah konsekwensi ketika kita menjadi seorang guru disamping harus menguasai bidang studi yang kita ajarkan kepada peserta didik,  kita pun harus menguasai ilmu bagaimana cara mengetahui karakteristik anak, bagaimana cara menghadapi anak dengan karakteristik yang berbeda dan strategi pembelajaran seperti apa yang harus disamapaikan kepada anak dengan karakteristik dan kompetensi yang beragam. Pedagogik diperlukan agar kita bisa mendidik anak tidak hanya agar anak pandai di dalam pengetahuian dan keterampilan, lebih dari itu tujuan kita sebagai pendidik adalah menjadikan anak didik kita agar memiliki pribadi yang lebih baik.



Di bawah ini adalah beberapa materi penting tentang pedagogik yang saya dapatkan dari sumber belajar pembekalan PLPG (Sertifikasi 2017) dari situs resmi sertifikasiguru.id :
Baca Juga : 
Demikian Materi Pedagogik yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya. janga lupa jadikan blog ulas-TKJ sebagai referensi pertama dan utama anda. "berkah berbagi".
Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

ANTI ADBLOCK

Popular Posts

Random Post

Pengunjung