Materi Rancang Bangun Jaringan Kelas XI TKJ Bag.1 : Hubungan Komputer Ke Jaringan

UlasTKJ - Rancang bangun jaringan merupakan mata pelajaran yang termasuk kedalam kategori C3 (Bidang Keahlian) yang disampaikan pada kelas XI TKJ SMK dan masih terdaftar dalam Struktur Kurikulum 2013 TKJ SMK Revisi 2017. Pada mata pelajaran ini dibahas mulai dari hubungan komputer ke jaringan, penyambungan internet melalui ISP, pengalamatan Jaringan, layanan-layanan jaringan, internet dan pemanfaatannya, meja bantuan (help desk), perencanaan pemutakhiran jaringan, dan perencanaan struktur pengalamatan. 

Pada kesempatan kali ini akan saya coba ulas kembali materi 1 Rancang bangun jaringan yang saya berikan pada peserta didik saya pagi tadi yaitu tentang Hubungan Komputer ke Jaringan. berikut ini adalah ulasannya.

Hubungan Komputer Ke Jaringan

Komputer merupakan alat elektronik yang berfungsi untuk mengolah input menjadi ouput, sedangkan jaringan merupakan satu komputer atau lebih yang saling terhubung untuk mencapai tujuan tertentu. 

a. Prinsip Komunikasi data

Komunikasi : Proses penyampaian informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.
Data : fakta berupa angka, huruf, gambar , suara yang dapat diolah sehingga menghasilkan informasi

Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan penerimaan) data antara perangkat melalui media penghantar atau media transmisi.

Komponen-komponen komunikasi data : 
1. Pengirim data, merupakan sumber dari data
2. Data (pesan) yang dikirim, merupakan objek (data) yang akan disampaikan dari sumber kepada penerima
3. Penerima data, merupakan penerima data/informasi yang dirsampaikan
4. Media transmisi, merupakan perangkat, alat, benda yang digunakan untuk menyampaikan data / pesan

Agar bisa melakukan komunikasi data maka keempat komponen diatas haruslah lengkap. jika tidak maka tidak akan terjadi komunikasi.  seperti contoh misalkan Pak Wahyu (Pengirim data) yang sedang berada di Kota Jakarta ingin berbincang dengan anaknya yang ada di Kutai KartaNegara (Penerima Data). Hal yang harus dilakukan oleh Pak Wahyu adalah dengan menelepon anaknya melalui telepon gengngam (handphone). dalam hal ini handphone bisa kita kategorikan sebagai alat komunikasi dimana jaringan seluler merupakan media transmisinya. maka jika Pak wahyu tidak memiliki handphone pak wahyu tidak akan bisa berkomunikasi dengan anaknya yang berada di luar kota. 

Sekarang silakan anda contohkan kasus jika Pengirim data ada, penerima data ada, media transmisi ada tapi data yang akan dikirim tidak ada.. ! 

Proses komunikasi data ditandai dengan adanya sebuah transmisi data dalam media penghantar. Pengertian transmisi data itu sendiri merupakan proses pengiriman data dari sumber data ke penerima data melalui media pengiriman tertentu. 

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu transmisi data yaitu :

  • Kualitas sinyal yang ditransmisi 
  • Karakteristik media transmisi.

b. Komunikasi data dalam suatu jaringan lokal 

Komunikasi data dalam suatu jaringan lokal terjadi karena ada komputer pengirim dan komputer penerima yang terhubung melalui suatu media, misalkan kabel jaringan atau koneksi nirkabel (Wifi). 

Ada 3 mode transmisi data yang memungkinkan terjadinya aliran data, yaitu :
1. Simplex : transmisi data, dimana data hanya mengalir dalam satu arah pada jalur komunikasi data. Contoh : Stasiun radio dengan penerima radio, stasiun televisi dengan televisi di rumah, transfer
data dari keyboard ke komputer, dll. Ini bisa diumpamakan seperti sebuah jalan raya satu jalur. Kendaraan yang melewati jalan raya satu jalur, hanya dapat berjalan dalam satu arah.

2. Half duplex : transmisi data, dimana data secara bergantian mengalir dalam dua arah pada jalur komunikasi. Contoh : handy talkie, interkom.  

3. Full duplex : transmisi data, dimana data mengalir dalam dua arah pada jalur komunikasi secara serempak/sinkron. Contoh : telephone, video chat, text chat. Ini bisa diumpamakan seperti jalan raya dua jalur, yang memungkinkan kendaraan melintas dua arah. 

Mater diatas saya sampaikan selama 2 Jam Pelajaran. meskipun materinya sedikit kita bisa kembangkan melalui contoh-contoh real di lapangan. 

Demikian ulasan yang bisa saya sampaikan kali ini. semoga bermanfaat. "berkah berbagi".



Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

ANTI ADBLOCK

Popular Posts

Random Post

Pengunjung