Tutorial Dasar Mikrotik

ulas TKJ-Setelah sebelum saya bagikan tentang dasar-dasar mikrotik, pada kali ini saya akan coba bagikan tentang perintah-perintah dasar pada mikrotik. sebelum melanjutkan membaca anda boleh seruput dulu kopi atau susu yang ada di meja kerja / belajar anda.

Secara umum perintah dari user ke sistem mikrotik dapat diklasifikasikan ke dalam 2 jenis :
  1. Perintah Berbasis CLI (command line interface) artinya user berinteraksi dengan sistem pada terminal*. biasanya perintah ini hanya bisa menggunakan keyboard saja, user tidak bisa menggunakan mouse untuk memindah-mindahkan cursor. secara sederhana CLI dapat kita sebut perintah berbasis text. Pada mikrotik sendiri terminal ini bisa diakses langsung pada Mikrotik Router OS yang diinstalkan pada PC atau pada terminal yang ada pada winbox*
  2. Perintah berbasis Graphical User interface (GUI), lain halnya dengan CLI yang merupakan perintah berbasis text, dengan metode GUI user berinteraksi dengan sistem melalui antarmuka grafis, pada metode ini biasanya kita bisa menggerak-gerakan mouse untuk memindahkan kursor. 
     
kali ini izinkan saya sedikit berbagi tentang perintah-perintah dasar di mikrotik yang berbasis CLI. kenapa saya lebih memilih CLI daripada GUI, saya jawab karena jika kita sudah faham tentang perintah berbasis CLI kita tidak akan kesulitan ketika kita akan memberikan perintah GUI ke sistem yang ada pada Mikrotik Router OS. 

sampai sini, mudah-mudahan anda faham dengan apa yang saya maksud diatas, sekarang kita langsung saja kepada perintah-perintah dasar pada Mikrotik berbasis CLI. 

1. Mengganti nama mikrotik 
    perintah : system identity set name nama_mikrotik  kemudian tekan tombol Enter
    keterangan : nama_mikoritik disesuaikan sesuai dengan kebutuhan

     
2. Merubah password login
    perintah : password kemudian tekan tombol enter

    
3. Melihat Network interface Card (NIC) / LAN Card yang terpasang
    Perintah : interface pr atau interface print 
    
   
 
Gambar diatas memberikan informasi bahwa ada 5 LAN Card yang terpasang pada sistem Mikrotik dan siap untuk dipergunakan

4. Merubah nama NIC / LAN Card
    Perintah : interface set  "nama lama name="nama baru"
 
    perhatikan gambar di bawah ini
 Gambar disamping menunjukan nama IP sebelum dirubah dan setelah dirubah. ketika kita ketika kita print nama pada awalnya ada interface yang bernama ether5, kemudian dirubah dengan perintah diatas berubah menjadi ruanglab



5. memberikan IP adddress pada NIC / LAN Card
    Perintah : ip address add address=192.168.50.1/24 interface="nama NIC"
 
   
6. Melihat informasi tentang IP Address
    Perintah : ip address pr
    
    Gambar diatas memberikan informasi tentang ip address yang telah kita set beserta interfacenya

Demikian ulasan mengenai perintah dasar mikrotik yang bisa saya bagikan kali ini, mudah-mudahan diberikan kesempatan untuk menulis artikel lanjutan dari perintah dasar mikrotik ini. Terima Kasih telah menyempatkan waktunya. mohon kiranya pembaca memberikan komentar untuk perbaikan artikel saya di masa yang akan datang. "berkah berbagi" 

baca Juga : Tutorial Memblokir website menggunakan Mikrotik

Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

ANTI ADBLOCK

Popular Posts

Random Post

Pengunjung

Blog Archive