9 Aplikasi yang Wajib dimiliki Guru dan Siswa TKJ

Berikut ini akan saya bagikan aplikasi yang wajib dimiliki oleh Guru dan Siswa TKJ.  Aplikasi-aplikasi ini biasanya saya gunakan  ketika pelaksanaan untuk mempersiapkan bahan ajar, Kegiatan belajar Mengajar di lab, bahkan sering digunakan untuk pengelolaan lab.Komputer. Selain Master dari Sistem Operasi dan Ofice, dibawah ini adalah aplikasi-aplikasi yang saya maksud diatas :


1. Virtual Box
Merupakan Software berupa virtual mesin (Virtual PC) yang berfungsi untuk memvisualisasikan beberapa Operating System (OS) pada OS Utama kita (Misal WIndows 7). Untuk dapat memvisualisasikan OS tadi kita memerlukan file master OS baik yang sudah diburning ke dalam DVD ataupun file master yang bertipe image (biasanya berformat iso) . Virtual Box mendukung beberapa basis sistem operasi seperti Windows, Linux dan Machintos. Pada Jurusan TKJ software ini sering digunakan pada Mata Pelajaran Sistem Operasi, Sistem Operasi Jaringan, komputer terapan dan administrasi server.

silakan unduh Virtual Box melalui tautan disamping : Download Virtual Box

2. Ultra Iso

Ultra iso merupakan software yang berfungsi untuk mengkonversi / menyalin data - data yang ada pada CD / DVD atau folder ke dalam format image (*.iso, *.nrg , dsb) dan sebaliknya memburning file image ke CD/DVD. data yang disalin sama persis seperti data yang ada dalam CD. Selain mengkonversi data menjadi file image ultra iso juga berfungsi sebagai emulator (membuka) file image tadi (Virtual CD). Pada Jurusan TKJ software ini sering digunakan pada Mata Pelajaran Sistem Operasi dan Komputer Terapan.
anda bisa mendapatkan software diatas melalui tautan disamping : Download Ultra Iso

3. Driverpack Solution

Driver pack solution merupakan software yang berisi kumpulan driver komputer mulai dari driver chipset, VGA, LAN Card, VGA Card sampai pada driver audio. software ini memiliki driver sangat lengkap untuk beberapa OS seperti Win XP, Win 7 , Win 8, Win 10 baik OS yang berbasis 32 bit ataupun yang 64 bit. Saking lengkapnya Ukuran file image dari Driver pack solution 17.74 (Versi terbaru) mencapai 12 Gb.

4. Rufus

Rufus merupakan software yang berfungsi untuk menjadikan USB Flashdisk sebagai bootable operating system. software ini sangat berguna terutama jika kita ingin menginstal ulang sistem operasi pada netbook yang tidak memiliki DVD Room atau pada komputer yang DVD Room-nya telah rusak. Agar dapat menjadikan flashdisk sebagai bootable OS kita memerlukan file master OS dari image atau dari DVD kemudian mengekstraknya ke flashdidsk. setelah itu kita Cukup mencolokan flashdisk yang sudah jadi master OS pada PC / Laptop dan menjadikannya sebagai  first boot device pada BIOS, maka komputer secara otomatatis akan melakukan instalasi OS sama halnya kita menginstal sistem operasi menggunakan CD/DVD. Pada Jurusan TKJ software ini sering digunakan pada Mata Pelajaran Sistem Operasi, Sistem Operasi Jaringan, komputer terapan dan administrasi server, serta pada mata pelajaran komputer terapan

silakan unduh aplikasi rufus melalui tautan dibawah ini :
Rufus 2.10.exe

5. Team Viewer

Team Viewer merupakan software yang berfungsi untuk meremote komputer jarak jauh menggunakan akses internet. tidak ada batasan jarak komputer yang diremote bisa jadi satu kota, satu pulau, satu negara atau bahkan lintas negara, asalkan komputer yang akan diremote memberikan otentikasi berupa username dan password kepada komputer yang akan meremotenya, komputer yang ada di Uganda sekalipun dapat kita remote di rumah kita. perangkat lunak ini termasuk ke dalam kategori freeware (gratis) asalkan digunakan untuk personal / non comercial, sedangkan untuk instansi atau perusahaan-perusahaan yang menggunakan perangkat lunak ini untuk keperluan bisnis perangkat lunak in termasuk ke dalam perangkat lunak berbayar (propietary software).

Perangkat lunak ini sangat powerfull selain bisa meremote komputer jarak jauh, perangkat ini juga bisa menonaktifkan fungsi keyboard dan mouse. ketika kita sedang menerangkan pelajaran di lab.komputer, kita bisa menggunakan fitur ini agar tidak ada siswa yang menggunakan komputer ketika kita sedang menerangkan pelajaran di lab.komputer

6. Cisco Packet Tracer
Cisco Packet Tracer digunakan untuk mendesain dan simulasi jaringan komputer (bersambung)

7. Camtasia Recorder

Camtasia Recorder merupakan software yang bisa kita gunakan untuk merekam aktivitas pada komputer yang sedang kita gunakan, Sebagai Guru TKJ saya sering menggunakan perangkat lunak ini sering digunakan untuk membuat bahan ajar berbasis video tutorial. Selain merekam aktivitas komputer perangkat lunak ini juga mempunyai kemampuan untuk editing video mulai dari memotong video yang tidak diperlukan, menambahkan keterangan berupa teks bahkan bisa menggabungkan beberapa video hasil rekaman kita.

8. Radmin
Radmin digunakan untuk memonitor jaringan LAN (bersambung)
9. Achat
Achat digunakan untuk melakukan aktivitas chating dan transfer file di jaringan Local Area Network (LAN)

Mungkin ulasan tentang software kali ini saya cukupkan sekian, silakan tulis di kolom komentar jika ada aplikasi lain yang sering anda gunakan untuk aktivitas keseharian anda.  Terima Kasih "berkah berbagi". 

Baca Juga : Tutorial Sharing Internet dari laptop ke Perangkat Lain
Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

ANTI ADBLOCK

Popular Posts

Random Post

Pengunjung