Sejarah, Jenis, fungsi, dan langkah instalasi mikrotik

UlasTKJ - Mikrotik Router OS merupakan salah satu sistem operasi jaringan yang berbasis linux. saat ini Mikrotik Router OS banyak digunakan di instansi pemerintahan, sekolah, kampus, perbankan bahkan sampai pada warnet-warnet kecil di pinggiran jalan. Instalasi yang sederhana serta fitur yang lengkap yang menjadi salah satu alasan mengapa mereka menggunakan Router OS ini.

Hari ini sambil mengawas siwa kelas X dan kelas XI SMK yang sedang melaksanakan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) saya akan sedikit mengulas tentang Dasar Mikrotik Router OS

A. Sejarah Mikrotik
Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia sendiri merupakan negara pecahan” dari Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Dengan nama merek dagang Mikrotik mulai didirikan tahun 1995 yang pada awalnya ditujukan Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wirelessSaat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia. Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya.


B. Jenis Mikrotik
Sebelum lebih lanjut tentang mikrotik saya ingin mengulas tentang Router. Router merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan 2 buah jaringan baik yang berbeda kelas ataupun berbeda network ID. 

Menurut fisiknya router terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Dedicated Router (Routerboard), Router jenis ini sudah didesain pabrikan dan difungsikan khusus sebagai router. bentuk dari router ini seperti modem atau Access Point. dalam bahasa sederhana Dedicated router bisa disebutkan sebagai IOS yang sudah teritegrasi pada hardware router
  2. PC Router , merupakan Personal Computer (PC) yang diinstalkan sistem operasi jaringan / Internetworking Operating System (IOS). IOS tersebut bisa berupa Mikrotik Router OS, Ubuntu Server, Debian Server, Microsoft Windows server serta sistem operasi jaringan yang lainnya. IOS tersebut biasanya berupa file image sistem operasi yang nantinya bisa diburning ke CD/DVD.
     Jika kita perhatikan dari penjelasan tentang jenis router diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa mikrotik router terbagi menjadi 2 macam yaitu Routerboard (dedicated router) dan Mikrotik Router OS itu sendiri.

Baca Juga : Dasar Algoritma

C. Instalasi Mikrotik Router OS pada PC
      Sebelum kita membahas langkah instalasi Mikrotik Router OS pada PC alangkah baiknya kita perhatikan spesifikasi miminum hardware (minimum requirement) dari PC. adapaun spesifikasi minimum dari PC tersebut sebagai berikut :
  • Processor  dengan clock 100 MHz atau lebih seperti Intel Pentium, Cyrix 6X86, AMD K5 atau prosesor yang lebih baru dari Intel IA-32 (i386). perlu diperhatikan penggunaan lebih dari satu prosesor belum diperbolehkan.
  • RAM minimal 64 Mb
  • VGA standar 128 Mb
  • Hardisk dengan kapasitas 200 Mb. agar diperhatikan Media penyimpanan (Hard Drive) menggukan sistem standar Kontroler IDE ATA. SATA hanya mendukung pada  mikrotik  versi mikrotik 5.xx. ke atas
Setelah kita siapkan hardware kita langsung saja pada langkah instalasi Mikrotik Router OS. Pada dasarnya instalasi mikrotik Router OS hampir sama halnya dengan instalasi Operating system yang lainnya. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan langkah-langkah di bawah ini :
  1. Masukan CD/DVD/USB bootable Mikrotik Router OS pada PC
  2. Setting first boot device di dalam BIOS sehingga  CD/DVD/USB bootable Mikrotik Router OS menjadi urutan pertama
  3. Simpan konfigurasi BIOS kemudian restart komputer
  4. Komputer akan membooting ke Mikrotik Router OS, tampilannya akan seperti di bawah ini. 
  5. Instalasi bisa dilakukan secara typical (menginstal semua fitur mikrotik)  atau hanya sebagian fitur yang kita instal (customize instalation). Jika kita ingin menginstal seluruh fitur pada mikrotik tekan tombol "a" (all) kemudian tekan huruf i (install), tetapi jika ingin menginstalkan sebagian fitur kita tinggal arahkan kursor pada fitur yang akan kita instal kemudian tekan tombol spasi untuk men-cheklist atau unchecklist fitur yang akan kita instal, jika sudah selesai kita tekan tombol "i" untuk menginstal fitur tersebut
  6. akan muncul pertanyaan "Do you want to keep old configuration?" kita tekan huruf N. kemudian komputer akan memformat hardisk kita dan melakukan instalasi Mikrotik Router OS
  7. jika instalasi selesai komputer akan merestart dengan sendirinya dan akan tampil halaman login seperti dibawah ini.
  8. masukan pasword default user:admin, sementara untuk pasword kosongkan saja 
  9. instalasi selesai. seperti inilah tampilan utama dari Mikrotik Router OS 

Demikian Dasar-dasar mikrotik yang bisa saya bagikan kali ini. anda bisa download modul berekstensi doc pada tautan di bawah ini :


Terima kasih, "berkah berbagi"



Jika artikel ini bermanfaat silakan bantu share:
Artikel Terkait :

0 komentar:

Post a Comment

ANTI ADBLOCK

Popular Posts

Random Post

Pengunjung

Blog Archive